Jumat, 27 Juni 2025

 BAB 6

LAPORAN EXPENSE/PENGELUARAN


Laporan expense atau laporan pengeluaran adalah dokumen yang menampilkan semua pengeluaran yang terjadi sebagai akibat dari kegiatan bisnis. 

Misalnya ketika pemilik bisnis berpergian ke lokasi lain untuk meeting maka biaya perjalanan, makan, akomodasi, dan pengeluaran lainnya yang terjadi akan ditambahkan ke laporan expense ini.


Tujuan Laporan Expense:

  1. Transparansi keuangan: Menunjukkan ke mana uang dibelanjakan.

  2. Kontrol anggaran: Membantu membandingkan realisasi pengeluaran dengan anggaran yang direncanakan.

  3. Pertanggungjawaban: Digunakan sebagai bukti pertanggungjawaban kepada pihak manajemen atau pemberi dana.

  4. Pengambilan keputusan: Memudahkan manajemen dalam menganalisis dan mengambil keputusan berdasarkan data pengeluaran.


Laporan pengeluaran ini terdiri dari beberapa jenis pengeluaran:

1. Pengeluaran perolehan pendapatan

2. Pengeluaran operasi atau rutin

3. Pengeluaran operasional lainnya

4. Pengeluaran lain lain


Berikut ini contoh langkah-langkah pembuatan dokumen excel untuk membuat laporan pengeluaran :

https://docs.google.com/spreadsheets/d/1nYb2blaecAr4SjyP-xYj5uNvDPzz_Mny/edit?usp=drive_link&ouid=100133041940308602807&rtpof=true&sd=true

Tidak ada komentar:

Posting Komentar