BAB 9
LAPORAN PERFORMA KARYAWAN
Laporan performa karyawan adalah dokumen yang berisi penilaian dan analisis terhadap kinerja seorang karyawan dalam periode tertentu, berdasarkan indikator-indikator kerja yang telah ditetapkan. Laporan ini digunakan oleh manajemen atau HRD untuk mengevaluasi kontribusi, produktivitas, serta perkembangan karyawan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.
Tujuan Laporan Performa Karyawan:
-
Menilai efektivitas kerja – Apakah karyawan mencapai target atau tidak.
-
Sebagai dasar pengambilan keputusan – Untuk promosi, pelatihan, mutasi, hingga pemutusan hubungan kerja (PHK).
-
Meningkatkan motivasi kerja – Memberikan umpan balik yang membangun agar karyawan berkembang.
-
Mengidentifikasi kebutuhan pelatihan – Mengetahui kelemahan yang perlu ditingkatkan.
-
Meningkatkan produktivitas organisasi – Dengan menempatkan orang yang tepat sesuai kemampuannya.
Komponen Umum dalam Laporan Performa Karyawan:
-
Identitas karyawan (nama, jabatan, divisi, NIK)
-
Periode penilaian
-
Deskripsi tugas dan tanggung jawab
-
Target kerja dan pencapaian
-
Penilaian berdasarkan indikator (misalnya: disiplin, tanggung jawab, kerja sama, kualitas kerja, inisiatif, kepatuhan, dsb.)
-
Skor atau nilai performa
-
Komentar atau evaluasi atasan
-
Saran pengembangan
-
Tindak lanjut (pelatihan, penghargaan, dll.)
Jenis Penilaian yang Bisa Digunakan:
-
Penilaian 360 derajat (dari atasan, rekan kerja, dan bawahan)
-
Key Performance Indicators (KPI)
-
Balanced Scorecard
-
Self-assessment
-
Penilaian kuantitatif dan kualitatif
Tidak ada komentar:
Posting Komentar